Artikel kesehatan

Info Kesehatan
Teh hitam bisa hambat Alzheimer

Teh memiliki kandungan 4.000 senyawa yang berpengaruh baik bagi kesehatan. Buktinya, sebuah studi yang dilakukan belum lama ini mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh dapat membantu memperbaiki sel yang telah rusak, sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

Menurut penelitian di Taiwan dan Jepang, unsur catechins pada teh mampu menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri penyebab keracunan makanan, mengatasi kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi.

Penelitian di Arab Saudi memperlihatkan bahwa mengkonsumsi teh hitam lebih dari enam cangkir sehari bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner lebih dari 50 persen. Itu dihasilkan dari kandungan antioksidan yang disebut flavanoid pada teh hitam.

Salah satu khasiat teh hitam adalah memperbaiki sistem syaraf. Khasiat ini ternyata didukung pula dengan penelitian terbaru mengenai penyakit Alzheimer. Penyakit gangguan kejiwaan itu disebabkan oleh kemunduran intelektual. Saai ini, penyakit tersebut diderita oleh sekitar 10 juta orang diseluruh dunia.

Penelitian terkini tentang teh dilakukan di Pusat Penelitian Tumbuhan Obat, Universitas Newcastle, Inggris. Para peneliti menjelaskan teh hitam dapat menghambat aktivitas enzim yang berhubungan dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

Pada Alzheimer, enzim AsetilCholinEsterase (AChE) merusak senyawa kimia pembaya pesan (neurotransmiter, asetilcholin). Penurunan kadar senyawa ini menandakan munculnya Alzheimer. Pada penderita ditemukan enzim ButirilCholinEsterase (BuChE) pada lapisan protein di otaknya.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal akademik Phytotherapy Research ini menunjukkan, teh mampu menghambat aktifitas AChE dan BuChE. "Obat untuk Alzheimer memang tidak ada, tetapi teh hitam dapat menjadi senjata alternatif dalam memerangi penyakit itu dan memperlambat perkembangannya. Teh hitam jika dikonsumsi tidak memiliki efek negatif apa pun," kata peneliti utama Dr Ed Okello.

Penelitian itu, katanya, membuktikan bahwa teh hitam dapat meningkatkan kemampuan mengingat orang yang minum teh hitam secara rutin. Saat ini para peneliti dari Universitas Newcastle sedang mencari dana untuk melanjutkan pengujian pada teh hitam dan diharapkan dapat sampai pada percobaan klinis.

(Sumber: Republika Online)



[Dibaca 4088 kali]
Developed by JogjaCamp Teh Kesehatan Copyright 2013