Artikel kesehatan

Info Kesehatan
Cegah infeksi dengan minum teh..!

 

  • Di samping beragam khasiat yang pernah diungkapkan selama ini, minum teh ternyata juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu orang mengalahkan atau menjinakkan berbagai efek infeksi.


Khasiat ini diketahui setelah sejumlah orang yang bukan peminum teh, disuguhi enam gelas teh hitam setiap hari. Setelah dua pekan, tubuh orang-orang tersebut terlihat lebih mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Dari eksperimen di laboratorium diketahui, khasiat itu ada pada teh hitam, hijau, oolong, dan pekoe, yang ternyata merangsang kemampuan sel sistem kekebalan untuk menjinakkan bakteri yang masuk ke tubuh. Dalam eksperimen itu sendiri digunakan ethylamine, yaitu zat yang dihasilkan oleh L-theanine, salah satu kandungan teh, saat L-theanine itu diurai dalam hati.

Menurut penelitian yang dilaporkan Proceedings of the National Academy of Sciences, ethylamine yang juga terdapat pada sayuran dan anggur diketahui pula menjinakkan patogen lain seperti parasit, virus, dan kemungkinan tumor. Atas dasar temuan ini, Dr. Jack F. Bukowskt dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School di Boston, Massachusetts, mengatakan akan banyak manfaatnya bagi orang yang ingin menyembuhkan penyakit untuk tidak lupa melengkapi menu mereka dengan minuman teh.


Sumber: Kompas Cybermedia



[Dibaca 4501 kali]
Developed by JogjaCamp Teh Kesehatan Copyright 2013