Artikel kesehatan

Info Kesehatan
Cegah Diabetes dengan Minum Teh Hitam

LONDON, MINGGU -  Satu lagi penelitian membuktikan bahwa  kebiasaan meminum teh sangat bermanfaat bagi kesehatan.  Para ahli dari Universitas Dundee melalui hasil penelitian terbaru mengindikasikan, meminum teh hitam dapat dijadikan salah satu cara mencegah penyakit diabetes.

Seperti diberitakan BBC, Senin (3/3), peneliti  Skotlandia berhasil menemukan sejenis senyawa terkandung dalam teh hitam yang memiliki potensi besar mengatasi penyakit diabetes tipe 2, atau jenis diabetes yang paling banyak diderita saat ini.  Menurut mereka,  senyawa khusus ini mampu berperan seperti halnya insulin dalam tubuh.

Ahli dari Universitas Dundee dipimpin oleh Dr Graham Rena bersama tim dari Crop Research Institute ini mengungkapkan bahwa senyawa dalam teh hitam yang disebut theaflavin dan thearubigin dapat meniru  fungsi insulin dalam tubuh.

¨Apa yang kami temukan dalam senyawa ini mampu menirukan fungsi insulin pada protein yang dikenal dengan nama foxos,¨ ujar Dr Rena yang mempublikasikan temuannya dalam edisi terbaru jurnal Aging Cell.

¨Foxos sebelumnya telah menjadi dasar yang menjembatani hubungan antara diet dan kesehatan dalam varian organisme  yang luas termasuk pada tikus, cacing dan lalat buah.  Tugas kami sekarang adalah melihat apakah temuan ini dapat diterjemahkan ke dalam sesuatu yang berguna bagi kesehatan manusia,¨ ungkap Dr Rena.

Sumber: BBC



[Dibaca 3963 kali]
Developed by JogjaCamp Teh Kesehatan Copyright 2013