Artikel kesehatan

Info Kesehatan
Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Pada dekade 1970-an, dunia diguncang oleh laporan dari Unesco yang menyebutkan adanya peningkatan yang cukup serius pada kasus penyakit jantung dan kanker sebesar 3% - 5% pertahun. Berbagai negara mengalokasikan dana yang sangat besar untuk melakukan penelitian pada kasus tersebut. Baru pada dekade 1990-an para peneliti menemukan bahwa teh merupakan minuman yang sangat efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan menghambat pertumbuhan kanker.

Manfaat teh hitam untuk kesehatan ternyata tidak lepas dari senyawa utama yang terdapat dalam teh yaitu Polifenol. Senyawa ini diketahui memiliki kemampuan sebagai antioksidan terutama dalam melawan kanker, juga memberi efek posisitif berupa pencegahan penyakit jantung dan stroke. Senyawa antioksidan tersebut dapat pula memperlancar sistem sirkulasi, menguatkan pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan polifenol, teh membantu pula dalam penambahan jumlah sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi, bahkan polifenol juga mengurangi pembentukan plak gigi dengan mempengaruhi kerja bakteri mulut. Dalam jurnal yang dikeluarkan oleh Free Radical Research London disebutkan bahwa 2 cangkir teh memiliki kekuatan antioksidan setara dengan 20 gelas jus apel atau 7 gelas jus jeruk

Penelitian yang dilakukan secara kontinyu pada 564 pria dan wanita selama 14 tahun di Belanda dan di Norwegia yang melibatkan 20.000 pria dan wanita ditemukan bahwa kebiasaan minum teh 2 sampai 4 cangkir sehari mampu menekan penimbunan kolesterol sekitar 46% s/d 69%. Hal ini juga ditunjang oleh penelitian di Amerika yang menunjukkan serangan jantung berkurang sekitar 40% pada orang yang membiasakan minum teh hitam secara teratur serta menurunkan resiko stroke. Hasil penelitian secara invitro di Departemen Pertanian Amerika Serikat menunjukan Teh hitam memiliki kemampuan meningkatkan aktifitas insulin paling tinggi dibandingkan teh hijau maupun teh oolong (Journal Agric. Food Chem. 2002, 50: 7182-67186)



[Dibaca 7798 kali]
Developed by JogjaCamp Teh Kesehatan Copyright 2013